Posted by: icalmahdi | February 9, 2009

Sholat Jamaah, 3 Imam, 3 Makmum.. ^_^

Pernah lihat sholat dengan tiga orang, di mana masing-masing menjadi imam dan makmum di waktu sholat yang sama sekaligus..???

hehe.. Ini aku bukan ngeliat sendiri. Tapi langsung mengalaminya.. (sholat yg aneh..)

gini ceritanya..

Di suatu siang. Aku dan dua orang teman selepas dari sebuah acara. Kami balik ke kontrakan teman. Dan kebetulan kami semua belum pada sholat dhuhur. Kami memutuskan sholat di kontrakan (alias tidak di masjid..). Tentu saja dengan sholat berjamaah.

Kedua temanku telah mengambil air wudhlu semua. Sebut saja namanya Fauzan dan Budi. Aku ambil wudhlunya belakangan, karena masih ngerjakan sesuatu dulu. Jadi ngambilnya agak lama.

Setelah ambil air wudhlu aku segera menghampiri kedua temanku yang ternyata sudah memulai sholat dhuhur jamaahnya. Si Fauzan jadi imam sedangkan si Budi jadi makmumnya. Aku melihat mereka telah nyampe di rokaat kedua. sedang Tahiyatul awal. Aku menunggu keduanya bangkit untuk melaksanakan rakaat yg ketiga. Aku harus menyentuh pundak si Budi (makmum) agar dia mundur beberapa langkah. Semula dia berada berhimpitan dengan Fauzan, agak mundur dikit. Mengingat peserta jamaahnya cuma dua.

Nah, saat mereka bangkit utk rakaat yang ketiga, aku segera saja menepuk pundak si Budi, berharap dia akan mundur ke belakang dan sejajar dengan aku. Tapi seketika itu aku terkaget-kaget..Ternyata yang mundur adalah si Fauzan. what is going on.??

Agak sedikit terpana & terpaku. Apa yang terjadi..??? koq yang mundur malah Fauzan. Namun saat mundur itu Fauzan membisik pada kami, “Aku batal..”..
Ealah, ternyata ia mundur dari jamaah karena wudhlunya batal. Terus.. Sapa imamnya, ?? Masak aku.. Yah nggak lah. Aku melihat si Budi inisiatif maju ke depan dan menggantikan posisi si Fauzan sebagai imam.
Sesuai dengan perkiraanku, Budi sekarang jadi imam, dan aku langsung gabung menjadi makmumnya. Tanpa membatalkan sholat yg telah berlangsung di rakaat ketiga.

Selanjutnya sholat berjalan seperti biasa. hingga tiba di rakaat keempat. Di rakaat ini aku sedikit membayangkan (hehe.. keliatan nggak khusyuk ya..?)
Klo si Fauzan setelah ambil air wudhlu lagi, balik bergabung dengan jamaah, dan rakaat jamaah telah berakhir. Pastilah si Fauzan menepuk punggungku untuk menjadikan aku sebagai imam. Mengingat aku harus menyelesaikan dua rakaat yang tertinggal di awal.

Dan itu akhirnya benar-benar terjadi, si Fauzan datang ke jamaah sesaat setelah si Budi mengucap salam. Aku bangkit untuk rakaat yang sisa. Dan telapak tangan si Fauzan hinggap di punggungku. Aku sekarang yang menjadi imam. Di sholat dhuhur yang sama

Hampir senyum-senyum sendiri. Tapi alhamdulillah tidak.(masak sholat senyum-senyum). Ini sholat pertama kaliku dengan proses yang unik. Semua anggota jamaah pernah jadi imam dan makmum sekaligus.

yah.. diambil hikmahnya aja..
(tapi apa ya..??)


Responses

  1. wahhh .. keren2 .. hhe
    boleh ya kyk gitu?
    asik juga🙂

  2. hahaha
    cerita mbulet tapi unik mas!=D

  3. Nah….
    kalau si fauzan ma budi batal wudhu bareng, abis sampeyan nepuk pundaknya budi…..
    ????
    gmana hayo???

    He.. He.. He..

  4. wah wah wah,,,,
    luar biasa….!!!!

    hehehehe =p

  5. akhirnya nulis lagi… hehehe, tapi pusing jg crtnya.. muter sini, muter sana..😛 insya Allah, ia maha tahu😀 jadi ga ush khwatir…😛

  6. baca2 aja ya…

  7. blogwalking nih. HEHEHEH. good posting.
    main2 ke blog gw juga ya..

  8. waduh bang ical, ra mudeng.hehehe

  9. wah,,, ada juga kasus begini..

    lain kali kalo bisa sih “dibatalin” dulu wudhunya sebelum solat😀

  10. siang sahabat
    semoga menyenangkan hari harimu
    salam hangat dalam dua musimnya blue

  11. Just passing by.Btw, your website have great content!

    _________________________________
    Making Money $150 An Hour

  12. ha8……..lucu juga,ada2 aj…
    kayaknya saya menemukan hikmahnya deh…(agak mekso sih…)
    Klo shalat jama’ah jangan cuma ber3, jadi klo ada yang batal,yang masbuq g trlalu kepikiran klo nanti pasti akan jadi imam…so, mungkin shalatnya ber8 aj…Kaya’nya lebih seru deh….=)

  13. he8..,
    qomi…
    dirimu niat ngasi hikmah apa niat promosi partai?

    hehe..
    lucu.

  14. hikmahnya adalah : didalam sholat ada proses demokrasi, dimana setiap orang berhak untuk memilih dan dipilih menjadi pemimpin (imam);

  15. visit my blog @ :idungbesar.co.cc

  16. @ lio..
    dirimu cerdik juga ternyata..
    he8.,

  17. unik juga ceritanya.. btw, terima kasih uda mampir ke blog saya..

  18. wkwkwkwk…
    sepertinya saya mengenali si ‘Fauzan’ dan si ‘Budi’. mangkane ta nek sholat di masjid n jangan telat ben gak wong3 thok,,,hehehe

  19. walah-walah kirain gimana,.. (udah deg-degan)

  20. 🙂
    nice story,

    hikmahnya >> jd bs ngrasain jd imam smwa

  21. ngono yo sal? Opo si budi ga melu batal pas fauzan batal?

  22. wah… heran sich, jangankan liat dengar tentang itu saja baru kali ini.
    Thank’s yach Infonya

  23. hihi🙂
    lama ga ke sini ya.
    terus menulis🙂

    http://myandmine.wordpress.com

  24. bang……
    ngeblog lagi dong kangen nich
    salam hangat selalu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: