Posted by: icalmahdi | November 21, 2008

NeuroSurgery.. Kau membuatku tak setia.

               

Jadwal klerkship pekan ini : All About Surgery..

p-brain1Senin : Bedah Anak

Selasa : Bedah Urologi

Rabu : Bedah Syaraf

Kamis : Bedah Digestif

Jumat : Bedah Abdomen

                Dan perasaan itu hadir di hari Rabu.. saat ku “bermain” ke bagian Neuro Surgery alias Bedah Syaraf. Atau mungkin ku terlalu kagum ya.. Sampai-sampai semua ku anggap serius. Yap.. Ku terlalu kagum pada topik ini. Gimana nggak, semua menyangkut hal-hal yang berada di dalam tempurung kepala ini. Selalu menyangkut dengan pusat kesadaran dan “Nyawa”. Pernah ngebayangin gimana pas mbuka tengkorak ini??. Saya sarankan jangan dibayangin, langsung liat aja prosesnya..!!! dijamin pasti kabur.

                Permainan sempat singgah ke bangsal pasien-pasien bedah syaraf ini. Yang kulihat semuanya tertunduk lesu, terbaring lemas tanpa daya. Dan rata-rata kepala mereka terbalut oleh perban. Bahkan ada yang tanpa atap tengkorak, karena memang masih proses perawatan. Wajahnya ada make up berupa lebam-lebam bekas luka dan bekuan darah di bagian dalam. Raut muka yang cantik dan tampan sudah tak terbentuk semua. Jahitan-jahitan besar di wajah pun juga ikut meramaikan bentuknya. Yah intinya “mengerikan” dan “mengharukan”. Mengharukan mungkin karena ada pasien (menurut penjelasan Dokternya) yang secara teoris sudah tidak bisa tertolong. Tapi ia malah sudah sadar (sebelumnya coma). Sudah bisa duduk-duduk di ranjang, makan-minum. Tapi tentu saja dengan wajah yang ….(ga usah diceritaan dah..)

                Lantas..

                Kaitannya dengan kesetiaan…???

                Kira-kira yang membuat pasien-pasien itu rela berbaring di sana karena apa??.

Yup.. Benar sekali. Karena trauma fisik. Terjadi kecelakaan yang melibatkan kepala mereka.

                Trus..Kecelakaan apa yang tersering menyumbangkan pasien ke bagian bedah..??..

Aha.. benar. Kecelakaan kendaraan bermotor.

                (pertanyaan terakhir) Kira-kira kendaraan apa yang paling banyak??…

Sip benar juga. KECELAKAAN SEPEDA MOTOR

Dan Sepeda motor adalah bagian dari hidupku yang paling setia menemaniku beraktivitas. Sudah hampir 7  tahun aku sudah ditemaninya. Berpuluh ribu kilometer kuarungi dengan kuda besiku itu. Dan di hari Rabu kemarin. Ada perasaan yang beda. Aku mulai kehilangan perasaan untuk mengendarainya. (hiks..)… Bagaimana tidak merinding, membayangkan akhir nasib yang seperti tadi.

Menurut data,  kematian yang terjadi diakibatkan karena kecelakaan kendaraan bermotor menembus angka 60%. Dan itu didominasi oleh sepeda motor. Setiap 15 detik, hampir dipastikan terjadi kecelakaan. Dan tiap 12 menit, ada manusia yang mati karenanya.. itu baru yang mati. Lantas, bagaimana yang selamat dari maut. Yah.. mereka rata-rata terbaring rapi di rumah sakit dengan berbagai kesakitannya.

Dulu… Sangat bangga sih naik motor. Hemat, mobilitas tinggi, kalo macet bisa nyelap-nyelip, bisa lewat gang2 kecil, lebih cepet (utk di kota), bisa dibuat nyantai, bisa dibuat ngebut, perawatan ringan, nyuci gak repot. Wis.. pokoknya Komplit dah.. alasan untuk setia sangat teramat banyak. Tapi kali ini semua cukup berubah.

 tying

Memang berat sih berkomitmen untuk setia. Semakin panjang waktu yang diarungi, semakin banyak pula gundukan tanah dan batu kerikil yang harus dipijaki. Tentu saja itu semua ada untuk menguji kesetiaan ini. Memang senang jika masih di awal, tapi kalau sudah berkisah berulang-kali ada saja cobaan untuk merenggangkan kesetiaan ini. Parahnya kalo manajemen konfliknya lemah, perang dunia bisa aja terjadi di bawah atap rumah. Bagaimana ya jika nanti ku benar-benar bersama “seorang manusia”. Pasti lebih dinamis lagi. Padahal ini masih sama sepeda motor. Ah.. yang penting visinya sama aja. Kalau sudah saling paham, insya Allah berez dah. Inikan bagian dari cerita hidup..

 

(Lho.. Koq malah curhat yang dalem..)…

(Balik Ke topik utama..!!!!)

Kesimpulan: Buat temen2 (terutama saya) yang masih berekendara sepeda motor, segera menanamkan kata hati – hati dalam benak kita saat berkendara. Kalau nggak bisa hati-hati, segera nabung untuk beli mobil.. !!!., (ini bukan pemaksaan seh.. aku juga belum punya mobil). Memang nggak njamin naik mobil pasti selamat. Karena yang penting kewaspadaan harus tetap terjaga.

Tapi , bagi siapa yang ingin nasibnya berujung pada bangsal rumah sakit bagian bedah.., silahan saja ekspresikan aksimu di jalanan. !!! ukir prestasi mahakryamu bersama kuda besi – kuda besi itu.. (Kejam ya..??!!)

 

Okeh… Selamat hati-hati… Selamat Bersetia (lho..??)


Responses

  1. Iya nih, dulu saya juga masih suka memacu kendaraan roda dua dengan kecepatan tinggi.. sekarang lagi berusaha menghentikan kebiasaan itu, “ingat orang tua menanti di rumah” mengharapkan anaknya kembali dengan selamat..

  2. Aku enggak bisa bayangin, aku enggak bakalan sanggup buat melihatnya…😦

  3. hmm kecelakaan motor, 3 org sahabat saya meninggal krn ini, bkn krn ngebut atau gmn.. semuanya meninggal kerena nyelip, di jalan. calon suamiku yang meninggalpun sama, dia nyelip dan dibagian sisi jalan ada mobil yang ngebut, dan walhasil… innaillahi…

    yup bnr, dimanapun. kematian pasti mengintai kita. bukan karena pke motor atau mobil.

    kalu udh waktunya, saat kita terlelap tidur juga pasti diambilnya…

    hehhe, so hati2 dan waspada itu harus mas ical…

    jaga dirimu yah, jangan nakal dijalanan ^_^

  4. mengerikan juga y….sering nonton Oprah g yg klo bintang tamunya Dr.OZ, si dokter ahli syraf…hiiii…suka ngeri aQ klo ngebayangin hal2 yg g baik yg berhubungan dgn syaraf…hmm
    wel, mas Ical dpt PR nich..dikerjain y..hehe

  5. Ups…
    Kecelakaan sepeda motor y…
    Klo ditabrak motor termasuk di dlm ny gak y…
    Tp Alhamdulillah kali itu bkn kepala aq yg menderita ny Cal…

  6. @ Prasetyo Muchlas :
    sip.!!🙂
    Selamat berbakti pada Orang Tua..!!
    Jangan lupa juga.. Anak-Istri menunggu di rumah
    (maksudnya..??)

    @ vaepink :
    wah..iya-iya… jangan dipaksa liat!!! ntar ada apa2..!

    @ keishka :
    ups.. maaf kei.!! Semoga aja para sahabatmu bisa mendapat tempat yg mulia !!
    Iya.. Sepakat 100%..!!! Kita harus hati-hati..
    Meski memang klo udah waktunya untuk “pergi”, kta kudu tetap waspada..

    Nakal di jalan itu seperti apa y??
    …???

    @ sarahtidaksendiri :
    wah.. episode itu kagak liat..
    keliatannya bagus y??

    Tiiddaaaakkk.. Ada PR..!!!😦
    Paling Lambat dikumpulkan kapan Bu Guru..??

    @ Juliet :
    oh iya.. termasuk tuh..
    Wah.. gak papa ya sepeda motornya??
    kan sayang, nabrak..!!!
    apalagi sampai lecet.. kan harus di reparasi.
    Biayanya mahal lho..!!!
    Yah mudah-mudahan sepeda motornya gak papa..

    (koq khawatirin sepedanya ya??..)

  7. wah saya pengguna motor setia ..
    kudu ati2 nih klo gt ..

  8. nakal di jalan?? hmm misalnya naik motornya smbil kbt2 ga jlas… hehehe

    kmu ga nonton oprah yang episode itu mas?? hmm… aku punya copiannya mau??😀

  9. Seingetku motorny gak napa2 d kayany…, mgkn lecet dikit.. Tp kasian juga, mana yg nabrak baru beli motor hasil gusuran pula… 😀
    Tp Alhamdulillah setelah operasi lepas pen, kaki kanan ku bisa berfungsi normal lg tanpa bantuan tongkat.. 🙂

  10. kalau saya ‘jago kandang’, naik motornya disekitar rumah doang. belum berani ke jalan besar

  11. @ agunk agriza :
    Selamat berhati-hati..🙂

    @ keishka :
    boleh..boleh.., kirim lwt apa?? klo e-mail gak kebesaran?? Terserah deh..!!!

    @ Juliet :
    Wah klo dah gini aku kasihannya sama yg ditabrak..🙂
    Alhmdulillah sehat kn??

    @ Dalila Sadida :
    Bagus..bagus..
    seperti pepatah :
    “Biar Kandang Asal Selamat”
    ???

  12. apik mas!
    apik tenan gambare!
    Iku sirahe 2 face yo?
    Koq gak jangkep ngono?

  13. ccciiieee,,,, ccciiieee,,,,

    eh,mas,btw makasih banyak ya dah mw minjemin proposalnya..

    smg Allah membalas kebaikan antum.

    ^_^

  14. Ga usah hiperbola lah Sal….😎 . Ente sekarang maen kulia mbedel-mbedel otak. Dan saya ingin bicara ttg kuliah probabilitas terapan.

    tiap 12 menit, ada yang mati? Domainnya seberapa luas? Se-Indonesia kah? Se-Jawa Timur kah? Se-Surabayakah? Atau hanya se-komplek menanggal saja😦 .

    Semakin luas domainnya, semakin kecil selisih menit tiap kematian. Nah, pertanyaannya, berapa prosentase tiap orang yang berkendara tersebut meninggal di jalanan🙄 ?

    Hehehehe….., mumpun aku sik eling kuliahe.

  15. Alhamdulillah Cal… sehat kok sekarang
    Tiada tongkat lagi, tiada PEN tertanam di kaki lagi, kembali seperti sedia kala..
    Thanks 😀

  16. motor ya?
    biasanya paling seru liat penanganan kasus ini ya di ER. lebih seru lagi di bedah.

    dan semua ini terwacanakan di team medical dragon.
    dokter dengan skill yang sangat2 baik, diperebutkan di bedah dan emergency.
    dgn iming2 20.000 dollar gaji perbulan.

    gitu ya, dokter?

  17. @ Dida :
    Ternyata Dida masih polos, baru tahu saya😛

    @ Ical :
    Mbayangin otak dibedel ngeri rasane… nggak usah sakit aja wis!😀

  18. he he
    pelajaran yang sama yang ane dapat setelah stase bedah, utamanya bedah saraf.
    gak berani lagi ngebut
    kepikiran COR, COS, dan COB (cedera otak ringan, sedang, berat)
    juga kepikiran nabrak orang lain

    alhamdulillah, manusia itu pelupa
    jadi kalo pas lupa
    ngebut lagi deh..
    he he


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: