Posted by: icalmahdi | November 17, 2008

why do you love me..

“Why do you love me, so sweet, and tenderly

I’ll do everything, to make you happy

Hu~u~… U~u~….”

 

Jangan salah dulu dengan lagu ini. Kutulis bukan berarti ku sedang lagi kasmaran. Bukan pula juga ku sedang dimabuk cinta. (lagipula ngapain nyanyi lagu ginian kalo memang aku sedang kasmaran.). Lagu ini dikumandangin mas pengamen, menemaniku Jumat malam lalu. Pas lagi nongkrong sama seorang temen di warung soto. Habis dari beli buku pesanan orang. di daerah Ngagel. (yg orang sby asli pasti tau daerah ini).

Suara pengamen itu cukup bagus, nggak kalah deh sama “Koes Plus”, kalo ada produser yang ikut nongkrong mungkin aja si pengamen tuh bakalan di”prospek”

 

 

mas pengamen lalu mengganti lagunya,

 

“Terkadang ku menyesal mengapa ku kenalkan dia padamu..”

 

(ini bait terakhir yg kuingat..)

 

langsung kuberi seribu rupiah… pergi dah…!!!

(akhirnya lagu2 mellow itu berakhir..alhamdulillah..)

 

cerita ttg pengamen selesai. Sekarang cerita tentang SOTO..

Wadoh.. Ini pengalaman kesekian kalinya ttg “wisata kuliner” di Sby. Aku sering menyebutnya “makanan kapok”. Jadi kalo ini namanya “SOTO KAPOK”. Perlu diketahui kami hanya memesan 1 mangkok soto (kapok) >> ini untuk temenku yang sedang kelaparan kronis. trus minumnya teh hangat 2 gelas.

 

“Dua belas ribu mas” kata yg jual soto.

Wuuiihh..gubraks..

 

Bagi kami, mahasiswa yang belum berpenghasilan banyak, harga segitu ibarat harga makanan “Eropa”. Rp. 8000 untuk satu soto, Rp. 2000 untuk satu teh hangat. (hrga standar soto di Sby 4000 sampe 5000). Ini harga warung emperan.

Yah terpaksa kita membayar. Tapi.. yang membuat kami resah adalah dengan membayar segitu, kantong saku temanku sudah nihil, dan aku menyisahkan uang 1000 rupiah disaku-ku.(Itu sisa uang setelah membeli buku dan ngasih pengamen tadi)

Gak ngebayangin kalo aku ikut makan. mbayar pake apa??..

Aku ingat juga.. tadi lampu indikator bensin di sepeda motor-ku juga dah kedip-kedip (mau habis..). Arghhh.. beli bensin pake apalagi..?? (pake soto??)..

 

Belum selesai nyari solusi buat bensin, kuteringat juga harus bayar parkir di warung itu.. (Wadooh.. Entek blazt pek…)

 

Belum selesai dengan penderitaan kantong kering, datanglah seorang anak penjual koran,(masih di warung “kapok”)

 

“Mas.. Koran mas..??” (sambil berwajah mengenaskan)

“Oh, nggak dik makasih”, kata temenku..

“Mas.. Korannya Mas..!!!, gigih menawarkan (dgn wajah lebih mengenaskan), kali ini malah menjulurkan tangannya tanda ingin meminta sedekah.

ku pandangi temanku sambil bertanya dalam hati.. “Diwenehi opo jeh..??”–(Dikasih apalagi??)

 

terdiam sejenak..

 

aku mengadakan penawaran, “Dik.. Aku mek nduwe dhuwit sewu iki, nek koen tak wenehi iki, aku wis gak onok dhuwit maneh.!! Koen duwe limangatus gak??..Susuk’ono limangatus, gawe tak bayar parkir.”

 

(arti : Dik, aku cuma punya duwit seribu ini. Kalo tak kasikan ke kamu, aku sudah gak punya duwit lagi. Kamu ada limaratus gak?? kamu tak kasih limaratus aja, kembaliannya limaratus lagi tak buat bayar parkir)

 

(Ehhmm.. sapa ya yang pantas dikasihani..??).. Masa’ ngasih buat pengemis pake’ adegan kembalian segala.. (aku pun bingung sapa yang harus disedekahi?)

 

Anak itu menggeleng.. Berarti tak punya uang limaratus untuk kembalian.

aku rogoh kembali sakuku mengharap ada keajaiban untuk diberikan..

 

Dan…

Akhirnya… ada keajaiban…

Ada sebuah bentukan (uang) yang kurasakan di saku celana…

Ketika ku keluarkan…>>

 

Yah..Allah.. Cuma Seratus rupiah…!!!

 

Arghh… Akhirnya pertemuan dengan penjual koran tadi ditutup dengan pemberian uang logam seratus rupiah itu olehku…!!

(Teganya dikau cal..!!! Kau kasih seratus rupiah aja???.. Kau bisa beli soto dua belas  ribu.. tapi dia beli apa dengan seratus rupiah..??)

 

 

Haah.. Habis mbaca postingan Bang Army.. Pengen banget membuktikan kejaiban sedekah.

Pas naik motor pulang, goncengan sama temenku. tak ada uang sepeserpun di saku. Berharap ada keajaiban dari uang seratus untuk sedekah tadi. . Tentu saja untuk ngisi bensin..

 

Masih melekat lagu sang pengamen tadi..

 

“Why do you love me, so sweet, and tenderly

I’ll do everything, to make you happy

Hu~u~… U~u~….”

 


Responses

  1. huehuehue.. makan soto yah?? ga ngajak2 sih.. jd deh gt… hmm.. kejaiban sedekah?? mungkin ini pernah jg terjadi.. tp dmn.. lupa😀

  2. Ups…
    Ada jg harga soto sgitu ya di daerah Jawa…
    Klo dsini sih harga sgitu memang harga minimal buat makanan pinggir jalan. Makanya tkg jualan pinggir jalan ny yg asli Jawa mesti sering ngeluh klo kita lg mampir.. Hihi.. klo yg njual aja ngeluh gmana kita yg mbeli y….

  3. SOTO 8000 RIBU?????

    biasa ae Sal. Agak mahal memang, tapi masih dalam batas kewajaran. Hueheheheehehehe…..

    Jek, preian iki ono rencana munggah gunung ga? Nek ono, aku tak moleh. Nek ga ono, aku rencana backpack keliling sumatera😛 .

  4. hahhaha…yg penting nati na baek n ikhlas ngasih 100 rupiah td..mnrt mas Ical Knp td bs tb2 ada duit 100 ntuh.. Tuhan punya segala cara untuk memberi umatNya rezeki..🙂

  5. Hahaha😆 malah ingat lagunya terus

    Btw soto mana tuch sal ?Kalo enak sich mungkin gak masalah. Maksudnya sebanding dengan rasa.

    Kalo yg di depan SMP 19 tu segituan juga… tapi denger dari temen itu cara masaknya agak gak beres. Ah, itu soal lain sich…

    Makanya sal, sisipin uang di dompet. Di tempat tidak terlihat kalo kita buka dompet. Untuk keadaan darurat…

  6. ckckck…
    bahasanya Suroboyan banget!😀
    saya selalu ingin menerapkan bahasa seperti itu…

    tapi logat Tulungagung-Solo saya selalu keluar.
    padahal hidup kurang lebih 20 tahun di Surabaya😳

  7. @ keishka :
    Emang suka soto??
    coba dingat-ingat.., kpn sedekah ajaibnya??🙂

    @ Juliet :
    Emang soto di daerah mata Jul…??
    Ya.. aslinya harga segitu di surabaya lumayan standard. Tapi yg nggak standard kan kantong kita.. haha..😀

    @ agungfirmansyah :
    hehe..🙂

    Rencana sih preian ada 2 opsi..
    nek gak nang Arjuno yo nang Pulau Sempu (Selatan Malang).. Nko tak kabari maneh la..!!!
    Btw nomermu pancet kan??

    @ sarahtidaksendiri :
    ehhm.. Mungkin itu reziki terbaik ya?? trims..🙂

    @ Gyl :
    Sudah gyl., tak taruh di tempat yg nggak terlihat. Yakni di BANK.. (hehe..)
    Okeh.. resepnya nanti tak coba..!! trims

    @ ghani arasyid :
    Ow iyo rek..!!! Kudu ngene..!!!
    Nek gak ngene yo ga asyik Ghan!! hehehe..😀

  8. Duhh… , bahasanya itu loh aku enggak ngerti, untung ja diterjemahin..😀

  9. [pojok kampung mode : ON]
    Hmm…
    Sa’eruhku, soto sing murah iku yo nang daerah pom bensin Jalan Sulawesi (opo Sumatera yo? gak apal nama2 jalan:mrgreen: )
    Lek ngomong Suroboyan ngene mesti kelingan film-e Si Ikin, peno wis tau ndelok?😛
    [pojok kampung mode : OFF]

  10. Di daerah yg thn 2004 lalu kena bencana tsunami Cal.. Dmana hayo…….??? 🙂

  11. @ vaepink :
    hehe.. Viva Arek Suroboyo.>!!!😀

    @ ghani arasyid :
    Wah.. Isok di jajal iku Ghan..!!!😀
    Gampang.. Nko tak searching-nya!!!
    cedhak ambek kampusku koq..
    sip!!! Suwun..

    SI Ikin Ta..!!! hehe.. Mosok wong suroboyo gurung nontok film iku..!!! Mlebu Box office lho!!!

    @ Juliet :
    ehmm mana ya??
    Pasti daerah Sulawesi..Klo gak Kalimantan..
    (Pura-pura pintar.. hehe..)

    kapan2 tak ke sana dah..!!!

  12. Monggo Cal, maen ksini sblm aq pindah lg.. :))
    Cukup 3 thn aja dsini, ky ny thn dpn pindah lg..
    Smoga kota propinsi jg berikutny bkn kabupaten…
    *amin…amin…amin…*

  13. @ Juliet :
    Juliet asalnya pasti Jawa..?? (y gak??)
    ato jgn2 Surabaya..?? ehmm..??

  14. kpn yah cal, kalau ga salah wkt bln mei apa april 2008. aku kasih pengemis 1000 rupiah, ga lama.. aku pdt gantinya.. tapat 2 jam kemudian.. dpt laptop…. hehehhe….

  15. trz ? kelanjutan ceritanya gmn mas ? dapat ‘keajaiban’ g ?

  16. jd beli bensin gak? g mogok kan kan sepeda motornya? :p

  17. jd beli bensin gak? g mogok kan kan sepeda motornya? hehe:p

  18. Hehe… 🙂

    Lahir dan besar sih di JKT cal tapi ortu bukan org JKT juga.. Lha jadi aq asli mana dong y??

  19. 😯

    dikasih 100?

  20. lek pengen iso gitaran kuwi kudune nduwe gitar sek..
    Lek pengin maem kuwi kudune nduwe dhuwit sek..

    Lek ngekeki dhuwit semono thok yo dibalangi watu no karo cah2 dodol koran!

  21. wew…di rangkah 4000 tuh soto😀

  22. hehe… kocak!! semoga bisa diambil hikmahnya.. (mmm…apa ya?)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: